Pertarungan Honda Hr-V Vs Mitsubishi Outlander Sport Px Vs Hyundai Tucson Gls I

futbolactual.com � Pertarungan Honda HR-V VS Mitsubishi Outlander Sport PX VS Hyundai Tucson GLS. Hadirnya Honda HR-V semenjak awal tahun ini tak hanya menggemparkan pasar crossover� bermesin 1,5 liter, namun juga mengancam kelas SUV kompak di atasnya. Jika HR-V bermesin 1.5 liter mengusik pasar Ford EcoSport dan Nissan Juke (AUTOCAR Edisi Mei 2015), maka HR-V bermesin 1,8 liter dengan fitur terlengkap, seakan diciptakan untuk mengusik pasar SUV kompak bermesin 2,0 liter dengan semua keunggulannya.

Strategi Honda menentukan mesin 1,8 liter memang cukup cerdas. Tak ada satu pabrikan pun di Indonesia yang menyediakan pilihan mesin ini di segmen Crossover maupun SUV. Di kelas ini, yang tersedia yakni SUV kompak bermesin 2,0 liter. Bagi Honda hal ini menunjukkan keuntungan, kapasitas mesin lebih kecil menjanjikan efisiensi materi bakar lebih baik serta (seharusnya) harga yang lebih murah. Baca juga First Drive Honda HR-V Prestige.

Namun ternyata, dari segi harga, Honda HR-V Prestige justru berbenderol cukup tinggi. Dalam ulasan kali ini, kami mencoba mengetahui, dengan banderol harga yang mencapai Rp 358 juta (on the road DKI Jakarta), SUV kompak mana yang juga layak untuk dipertimbangkan?

Ada dua kandidat kuat yang kami pilih, yaitu Mitsubishi Outlander Sport PX dan Hyundai Tucson GLS. Keduanya sama-sama mengusung mesin 2,0 liter, dengan Outlander Sport berbanderol Rp 347 juta, dan Tucson berbanderol Rp 352 juta. Kedua-nya dalam kondisi on the road DKI Jakarta.

Meski begitu, selain harga jual mobil, banyak faktor yang menentukan konsumen dalam menentukan mobil. Desain menjadi impresi awal yang patut dipertimbangkan, selanjutnya masih ada soal performa, kepraktisan, efisiensi, sampai layanan aftersales. Lalu, seberapa bisa anak bungsu Honda mengancam eksistensi kelas SUV kompak yang lebih besar?

Desain Ekterior

Honda HR-V mempunyai desain yang paling kompak di antara ketiganya. Dari angka dimensinya, HR-V paling kecil (4.294 x 1.772 x 1.580 mm) dibandingkan Outlander Sport (4.300 x 1.800 x 1.625 mm) dan Tucson (4.410 x 1.820 x1.685 mm). Dengan tubuh paling besar, Tucson menunjukkan keunggulan dalam hal keleluasaan kabin dan kapasitas ruang bagasi. Dari sisi desain, gaya kendaraan beroda empat Eropa menjanjikan daya tarik bagi mereka yang tidak menyadari bahwa kendaraan beroda empat ini kelahiran Korea Selatan.

Sementara Honda, menunjukkan sentuhan ala coupe pada HR-V dengan gagang pintu yang tersamar pada sudut atas pintu belakang. Desain Solid Wing Face pada bab grille mempertegas HR-V sebagai generasi gres line-up Honda. Di sisi lain, Mitsubishi membekali Outlander dengan tampilan sangat sporty. Bentuk grille dan lampunya mengingatkan pada karakteristik Mitsubishi Evo X. Garis-garis tegas pada desainnya memberi kesan tangguh.

Performa

Honda membekali HR-V Prestige dengan mesin 1.8 liter SOHC berteknologi i-VTEC. Mesin serupa milik Honda Civic ini bisa menghasilkan tenaga puncak 139 hp dan torsi 169 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT Earth Dream Technology. Sementara Mitsubishi Outlander Sport PX mengandalkan mesin 2.0 liter DOHC Mivec yang mampu memuntahkan tenaga 150 hp dan torsi 197 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan pada roda depan melalui transmisi CVT Invecs III dengan mode sport. Sedangkan Hyundai Tucson GLS memakai mesin 2.0 MPI D-CVVT yang menghasilkan tenaga 158 hp dan torsi 192 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-speed Shiftronic.

Dalam pengujian kali ini, kami tidak menguji akselerasi untuk mencari siapa yang tercepat. Meski demikian, perbedaan bobot kendaraan beroda empat tentu kuat terhadap rasio tenaga yang dimiliki oleh masing-masing mobil. Tucson mempunyai bobot 1.403 kg dengan rasio tenaga-bobot sebesar 112,61 hp/ton. Sedangkan HR-V Prestige mempunyai bobot 1.306 kg sehingga membuatnya mempunyai rasio tenaga-bobot 106,43 hp/ton. Lalu Outlander dengan bobot 1.425 kg membuatnya memili rasio tenaga-bobot sebesar 105,26 hp/ ton. Sementara untuk rasio torsi, bobot tertinggi dimiliki oleh Outlander dengan rasio torsi-bobot sebesar 138,24 Nm/ ton, kemudian Tucson dengan angka 136,84 Nm/ton dan terakhir HR-V dengan angka 129,40 Nm/ton.

Tags: